Selasa, 20 Februari 2018

BAB 3 : Windows Server Virtualization


Mengapa Enterprise Menyukai Virtualization
Virtualization sudah ada di dunia computer sejak computer masih berupa mainframe pada akhir tahun 60an. Pada masa itu masih digunakan Punch card dan juga IBM 360 mainframe. PC mengalami perubahan paradigma pada tahun 80, setiap orang dapet memiliki PC dan server merupakan hal yang penting dalam dunia bisnis.
Penggabungan Server
Di dalam production environtment, mempunyai server CPU utilization hanya 5% tidak akan berguna. Misal DHCP server dibuah enterprise environment yang menghandle ribuan client. Salah satu solusinya adalah menggabungkan beberapa role kedalam satu server. Sebagai contoh, kita bisa menggabungkan DHCP server juga dengan DNS server, file server dan print server. Masalahnya adalah banyaknya role yang harus diinstall di server, dan kebanyakan usage akan terpakai untuk service yang tidak penting, dan akan membuat susah untuk meyakinkan bahwa mesin tidak akan menjadi bottleneck. Dan sekarang ini, resiko serangan terhadap mesin meningkat karena banyak port yang harus di buka, oleh karena itu semua service dapat menerima client request. Patching terkadang menjadi hal yang sangat menyusahkan, jika anda mengupdate suatu service itu akan membutuhkan restart dan mengorbankan service yang lain

Menggunakan Virtualization, bagaimanapun juga, anda dapat menggabungkan beberapa server role sebagai virtual machine yang berjalan di sebuah mesin secara terpisah. Hal ini menurunkan space tempat yang dibutuhkan server dan memaksimalkan utilization server, dan setiap role dapat berjalan di sebuah isolasi virtual sehingga aman dan mudah untuk di manage. Dan jika anda menggabungkan virtual server ke dalam enterprise class server hardware yang menggunakan RAID dan hot-swappable component, maka anda dapat merduce down time dan membuat hardware anda menjadi efisien.

Kelancaran Bisnis
Salah satu alasan mengapa virtualization bersifat memaksa. Karena guest OS yang berjalan di dalam virtual machine (VM) bisa mengakses bebas hardware yang dikontrol oleh host operating system, anda dapat dengan mudah restore backup virtual server ke dalam system yang berbeda hardware dengan server sebelumnya. Dan menggunakan virtual machine, anda dapat menekan downtime yang terjadwal dan yang tidak terjadwal dengan mempermudah proses untuk memastikan ketersedian service di jaringan anda.

Testing dan Pengembangan
Testing platform baru akan terasa mudah saat ini karena virtualization. Kita dapat menjalankan setengah lusin virtual machines dengan mudan di sebuah server yang low-end, dan anda dapat membuat routed network tanpa perlu belajar tentang  IOS dengan meng-enable IP routing di mesin virtual Microsoft Windows XP dengan 2 virtual NIC. Arsitek computer dapat mengambil keuntungan dari virtualization dengan membuat jaringan tes virtual di sebuah server, mendekati komplektisitas sebuah perusahaan yang besar. Para developer pun akan diuntungkan, karena dapat melakukan test di virtual network. Semua proses IT menjadi lebih mudah untuk di manage karena virtualization menekan waktu yang dibutuhkan untuk membuat software baru dari mulai development environment sampai dengan test dan production.

Kecocokan Aplikasi
Salah satu penggunaan dari virtualization yang popular adalah memastikan compatibility dari suatu aplikasi. Andaikan anda mengupgrade Windows ke versi terbaru dan menemukan kritikal LOB application tidah berjalan semestinya pada versi terbaru. Anda dapat mencoba beberapa cara untuk menyelesaikan masalah ini. Anda dapat menjalankan program di application compability mode, menggunakan application compatibility toolkit untuk membuktikan bahwa aplikasi tersebut berjalan dengan baik di platform baru. Salah satu alternative nya adalah dengan menggunakan virtualization, install Virtual PC 2007 di setiap desktop computer. Dan ketika user menemui masalah , user dapat menggunakan windows versi sebelumnya sebagai guest os, dan mejalankan aplikasi tersebut di dalamnya.

Virtualization di Datacenter
Virtualization mempunyai tempat yang special di datacenter, yang akan membuat resource hardware anda menjadi efisien. Anda dapat meningkatkan workload yang akan memecahkan masalah anda. Virtualization juga dapat membuat lebih mudah solusi dari sesuatu yang complex, walaupun sekarang virtualization produk masih terbatas. Tetapi oleh karena itulah Windows Server 2008 dibuat.

Vitualization Hari Ini
Saat ini virtualization di windows platforms pada dasarnya mempunyai 2 forms: type 2 dan hybrid. Salah satu contoh dari type 2 virtualization adalah Java virtual machine, dan contoh lainnya adalah language runtime pada umumnya di .NET Framework. Dari kedua contoh , dimulai dengan host operating system, dan OS tersebut diinstall ke dalam hardware. Diatas host os berjalan Virtual Machine Monitor (VMM), dialah yang mengatur dan memanage virtual machine. Lain kata VMM adalah virtualization layer di dalam scenario ini. Kemudian buka VMM dan mendapatkan guest OS sedang berjalan, misal aplikasi Java or .NET. gambar berikut menunjukan bagaimana virtual host berjalan, karena guest OS tidak dapat mengakses hardware maka VMM dan host OS performanya tidak akan maksimal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kontrak Perkuliahan

Kontrak Perkuliahan / Pedoman Perkuliahan Mahasiswa PENGELOLAAN ADMINISTRASI SERVER 1 MKB. 11. 415 PRO...